//
you're reading...
1

Nama adalah do’a, tapi ….


Saya terkadang miris atau setidaknya jengah … mmmh ada teman dengan nama yang indah tetapi berbuat sesuatu yang tidak sesuai norma. Ada teman dengan dengan nama Islami, sayang dia, maaf, berkelakuan diluar makna dari namaya. Ada pula shahabat, dia mempunyai nama seperti nama besar seorang pahlawan, sayang dia berbuat diluar sisi kepahlawanan namanya, bahkan malah mencoreng nama besar itu. Maka tidak salah memang jika ada orang yang mengatakan ‘Apalah artinya sebuah nama?’
Lepas dari itu semua, sadar atau tidak, sebenarnya dia tahu arti dari nama-nama yang diberikan orang tuanya, bahkan sebagian besar bangga dengan nama dia, saya senang di bisa bangga dengan namanya. Namun sepertinya ada yang kurang, nama hanya sebatas nama dan tanpa diikuti oleh kearifan dan keteladanan si pemegang nama seperti halnya rahasia dibalik setiap nama itu. Karena pada dasarnya setiap nama itu dahulunya adalah bentuk cerminan pengharapan dan keinginan kelak dari para orang tua terhadap anaknya. Ya .. nama adalah Do’a.
Lalu apa yang salah sehingga banyak yang salah dengan pemakai nama-nama tersebut ??
Apa salah pemegang nama ? Atau salah pendidik si pemegang nama? Atau salah memberikan nama ?
Banyak…mmh …. setidaknya semua pengharapan dan keinginan yang terwakili dalam sebuah nama bisa terwujud bila kita menyadari beberapa hal. Pertama, setiap do’a tentunya merupakan permintaan yang tulus dari seorang hamba kepada Tuhannya. Maka begitu pun dengan nama, nama di berikan dengan iringan permohonan yang tulus kepada Allah SWT.
Kedua, setiap pengharapan tentunya tidak akan terwujud dengan begitu saja menggantungkan diri pada sebuah nama. Lebih dari itu kita harus menggenapinya dengan memberikan pendidikan bagi si pemegang nama dengan sebaik-baiknya. Menjauhkan dari segala perbuatan tercela yang dilarang olehNya, dan mengarahkan menuju kepada jiwa-jiwa pengharapan dalam nama yang di sandangnya. Ketiga, kita harus memberikan lingkungan yang bagus bagi anak-anak sedari dini, sebab banyak orang justru terpengaruh dengan perilaku buruk bukan saja hanya dari keluarganya tapi juga dari lingkungan sekitarnya.
Nah kini kita tahu … nama adalah do’a tapi … tidak seluruhnya hanya bergantung pada nama, tapi juga[pada do’a dan usaha dari orang tua dan lingkungan yang mendukung.
Kanggo Kang Didin sareng Akh Jamal
Barrakallahu…semoga mereka menjadi anak-anak yang shaleh shalehah
Iklan

About nugrohotech

i am a person who always want to know about anything...

Diskusi

One thought on “Nama adalah do’a, tapi ….

  1. Other popular ports of call on the cruise. Fortunately, some good travel websites provide both domestic and foreign travelers an unmatched online hotel reservation experience.

    Posted by bar | 1 Agustus 2013, 2:32 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Me

KSA KBB

my topics

my files

Blog Stats

  • 415,268 hits

My Photos gallery

%d blogger menyukai ini: