//
you're reading...
HiTech

GPS Vulnerability

Kelemahan Keamanan Sistim GPS Kelemahan GPS adalah bahwa GPS masih rentan terhadap gangguan. Seperti pada bahasan sebelumnya, GeoEncryption ternyata sampai saat ini masih belum bisa menjamin secara pasti jika data GPS tidak akan di curi atau di samarkan oleh para jammer (Hackers). Gangguan terhadap GPS  dibagi menjadi 2 yaitu gangguan yang disebabkan karena interferensi secara tidak langsung dan gangguan yang disebabkan karena interferensi secara langsung.§         Mekanisme Gangguan tidak langsung dapat diakibatkan :§         Efek ionosfer§         Interferensi dari RF emitter lain§         Langsung memblocking sinyal Mekanisme gangguan langsung dapat berupa :

  • Jamming (yang paling berpotensi)
  • Spoofing
  • Meaconing
  • Shut down (Gangguan langsung yang membuat GPS mati)

 Selain itu ada juga gangguan yang dikibatkan oleh human error. Sebagai contoh manusia bisa saja melakukan kesalahan pada saat melakukan desain:

  • Perangkat GPS
  • Software pendukung GPS
  • Mengoperasikan Perangkat GPS

 Bebagai macam gangguan tersebut dalam keseharian dapat mengganggu pada:

  • Bidang Mitigasi

– Interferensi secara tidak langsung contohnya:Manajemen Spektrum dan legal action yang tidak baik mengakibatkan adanya gangguan dari tranmisi yang dibuat oleh manusia kepada perangkat GPS.– Interferensi secara langsung Contohnya adalah jamming yang dilakukan oleh para jammers. Solusinya adalah dengan membuat array antenna.

  • Bidang Aviation (Penerbangan)

– Interferensi secara tidak langsung contohnyaInterferensi dari Ionosphere. Yang mengakibatkan terganggunya air traffic control.   Interferensi secara langsung Contohnya jamming yang dilakukan para jammer dari balon udara

  • Bidang Maritim (Kelautan)

– Interferensi secara tidak langsung contohnyaInterferensi dari Ionosphere. Yang mengakibatkan terganggunya air traffic control.-Interferensi secara langsung Contohnya Gangguan para jammer yang mengakibatkan terganggunya informasi mengenai letak kapal laut.

  • Pemetaan dipermukan

– Interferensi secara tidak langsung contohnyaGangguan para jammer yang mengakibatkan terganggunya informasi mengenai letak Kereta api pada jalurnya.– Interferensi secara langsung Contohnya Gannguan dari transmisi stasiun lain. Contoh diatas hanya sebagian kecil dari bayaknya gangguan terhadap perangkat GPS. Contoh lain di gambarkan pada tabel dibawah ini yang merupakan hasil penelitian dari DoT (Departement of Transportation) tentang kemungkinan gangguan dan resiko yang diakibatkannya. 

  Interferensi Secara Tidak Langsung

Gangguan interferensi langsung pada GPS dapat terjadi pada bidang maritim (kelautan), penerbangan (aviation) dan penentuan titik dipermukaan (Geo surface). Karakteristik gangguan GPS yang biasa terjadi adalah sinyal yang lemah. GPS dapat kehilangan kontak dengan satelit ketika kekuatan magnitude lebih kuat dari pada sinyal minimum yang diterima GPS, yaitu sebesar 10-16watt, equavalen dengan -160 dB pada permukaan bumu di Line1 (L1). Sebagai tambahan, sebuah receiver mencoba untuk mendapatkan hubungan dengan sinyal GPS membutuhkan  rentang 6 sampai 10 dB, lebih dari margin noise to carrier yang diperlukan pada tracking.

Interferensi Karena Gelombang Frekuaensi Radio

Multipath, GPS receiver tidak hanya menerima sinyal dari satelit tapi bisa saja dari pantulan, dari perangkat lain di daratan dan sebagainya. GPS mengirimkan sinyal pada frekuensi L1 (1575, 42MHz), L2 (1227, 60MHz) yang dipakai untuk koreksi karena ionosfer, L3 (1381, 05MHz), L4 (1841, 40MHz) dan L5 (1176, 45MHz). Sehingga dengan adanya hal ini seseorang bisa dikaburkan datanya dengan cara mengelabui pengiriman frekuensi yang diterima oleh perangkat. Interferensi ini bisa diakibatkan karena RF transmitter menghasilkan sinyal yang tidak diinginkan pada L1 band. Beberapa contoh RF transmitter yang dapat memebrikan interferensi antara lain adalah saluran 23, 66, 67 (VHF), Mobile satelite  service (MSS),Ultra wideband communication (UWB), radar Over the horizon (OTH), dan alat-alat elektronik personal seperti telepon seluler. Sinyal yang kemungkinan pa;ing banyak terkena interferensi adalah L2 karena pada Bandwitdh ini sebenarnya diperuntukan untuk sistim radar.

  Interferensi Lapisan Ionosfer

Lapisan ionosfer yang meliputi bumi pada ketinggian kurang lebih 350 km dapat membelokan sinyal GPS. Fluktuasi Kerapatan elektron dalam skala kecil dapat kembali meluruskan sinyal GPS pada sebuah pola amplitude dan phase variasi yang bergerak melintasi permukaan bumi. Efek ini disebut sebagai scintillation. Group delay yang dihasilkan merupakan faktor penting dalam terjadinya interferensi inosfer pada sinyal GPS.  Hal ini disebabkan group delay pada awalnya, akan berbanding terbalik dengan kuadrat frekuensi. Ini dapat dieliminasi dengan dual frekuensi receiver seperti yang terdapat pada proses yang terjadi di Line 2 atau line 5 sebagi tambahan dari Line 1

 Faktor Manusia pada Penggunaan GPS

Dampak yang disebabkan oleh faktor manusia terhadap sistem, peralatan dan pengguna GPS juga dapat menjadi ancaman terhadap sinyal GPS. Faktor manusia yang dapat menjadi ancaman adalah minimnya pemahaman mengenai keterbatasan dan kelemahan dalam penggunaan sistem navigasi GPS. Sebagian besar kelalailan yang melibatkan waktu pada penggunaan sistem GPS disebabkan oleh faktor manusia.

 Interferensi Secara langsung

 Shutdown

Laporan Rumsfeld secara luas mendeteksi adanya ancaman terhadap infrastruktur teknologi militer luar angkasa Amerika Serikat yang meliputi sistem intelejen, sistem komunikasi dan sistem navigasi satelit GPS. Namun, ancaman seperti ini baru dapat berpengaruh terhadap sistem GPS jika terjadi perusakan terhadap sekian banyak satelit GPS.

Jamming, Spoofing dan Meaconing

Jamming adalah sebuah bentuk interferensi dengan mengurangi energi frekuensi radio dari sumber energi tertentu dengan karakteristik tertentu untuk mencegah receiver menerima sinyal GPS pada suatu area yang ditargetkan. Karakteristik Sinyal GPS berada bebas diangkasa membuat orang bisa dengan mudah untuk membuat tipuan sinyal sejenis. Hanya dengan sebuah sinyal generator maka frekuensi radio dari oscillator dapat dimodifikasi. Bahkan hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan sebuah pesawat Hand Phone. Biasanya para jammer jika takut diketahui didarat umumnya akan melakukannya dari atas pesawat udara atau balon udara. http://www.gpsreview.net/gps-jamming/. Spoofing adalah sebuah teknik yang telah lama digunakan untuk mengelabui wilayah jangkauan operasi radar. Pada kasus GPS, tujuan dari teknik ini adalah untuk membuat receiver aktif GPS terkunci pada sebuah sinyal palsu, dan kemudian secara perlahan – lahan dibelokan menuju target yang lain.Meaconing adalah reception, delay dan rebroadcast dari radio navigasi yang bertujuan untuk mengelabui sistem navigasi atau pengguna.   

Interferensi Karena Sabotase

Misalnya karena seseorang yang ingin berbuat jahat dengan tujuan teror, atau bisa dengan cara merusak software, merusak alat, merubah prosedur pemakaian alat atau menggangu proses up link sehingga gagal

Iklan

About nugrohotech

i am a person who always want to know about anything...

Diskusi

2 respons untuk ‘GPS Vulnerability

  1. Klu faktor alam seperti kabut asap juga mempengaruhi kerja GPS ya, Pak?

    Posted by Harry | 4 Agustus 2009, 1:48 am
  2. Kira2 benda apa saja yang dapat menghalangi Dan merusak sistem gps pak?

    Posted by ayu khodijah | 26 Januari 2015, 1:58 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Me

KSA KBB

my topics

my files

Blog Stats

  • 449,774 hits

My Photos gallery

Iklan
%d blogger menyukai ini: