//
you're reading...
Kiat Bisnis

Dari mana Ide Bisnis muncul?

Banyak sekali hal yang mendasari sebuah ide bisnis muncul. Seperti yang kita ketahui Bisnis memang memerlukan kejelian dalam memulai, menjalankan dan merawat serta mengembangkannya. Berikut ini dua contoh dari bagaimana sebuah ide bisnis bisa muncul.
Costumer Habbits
Kebiasaan pelanggan. Dua kata diatas menggambarkan bagaimana perilaku orang yang terkadang kita memandang sebelah mata. Sebagai contoh untuk memperjelas makna kata diatas, Orang biasa terbiasa berbelanja di daerah yang nyaman, mudah dijangkau, murah dan cepat pelayanannya.
Ada beberapa kios mini penjual pulsa yang ditempatkan tepat dipinggir jalan. Ini dimaksudkan agar costumer bisa dengan mudah untuk membeli pulsa tanpa harus memarkir kendaraan bermotor. Kita bisa membeli dengan tetap duduk diatas sadal sepeda motor atau cukup menurunkan kaca jendela mobil kita. Jika anda ingin lebih menspesifikan bagaimana costumer habbits alangkah lebih baiknya bila anda mencoba menganalisisnya berdasarkan produk yang akan anda jual. Barang apa yang akan anda jual?, dimana letak tempat anda akan menjual produk?, berapa harga yang masuk (pasaran) untuk daerah tempat anda menjual, bagaimana anda menangani pesaing anda? Dan lain sebagainya. (Gunakan metode Taswir; Lihat tulisan saya yang lain pada Blogs ini ).
Costumer Satisfaction
Tiga hal utama yang perlu anda perhatikan Price, Service and Comfortable, Ide ini sebenarnya merupakan ide umum yang mungkin sudah anda ketahui.

Price. Harga menempati urutan pertama, sebab dengan harga yang tepat dapat memberikan kepuasan tersendiri kepada costumer. Costumer anda dapat datang dari tempat yang jauh hanya untuk mengejar harga yang sebenarnya hanya mempunyai selisih beberapa ratus rupiah. Survey psa tentang harga sangat dibutuhkan sehingga anda tidak menjual harga yang terlalu mahal dibanding tempat lain. Upayakan minimal sama.
 

Service. Costumer suka akan pelayanan yang baik, usahakan anda atau pekerja anda ramah dan murah senyum terhadap pelanggan, menyapa costumer dengan lembut (tidak kaku, terkadang saya rasakan beberapa pelayan di mall yang berniat baik menyapa tapa malahan kaku). Kecepatan anda dalam merespon keluhan juga merupakan salah satu faktor pendukung kepuasan costumer. Ingat costumer hanya ingin masalah dia cepat selesai, untuk itu jangan anda anggap remeh.

Comfortable. Costumer senang datang ketempat anda jika dua faktor diatas telah terpenuhi, juga ditunjang oleh kenyamanan tempat bisnis anda. Tempat yang bersih dan rapih akan membuat nyaman costumer. Bisa jadi harga produk anda lebih mahal beberapa rupiah dari tempat lain. Tapi jika anda memberikan kenyamanan bisa jadi costumer akan lebih nyaman datang ke tempat anda.
Ok, Selamat berbisnis. Salam.

Iklan

About nugrohotech

i am a person who always want to know about anything...

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Me

KSA KBB

my topics

my files

Blog Stats

  • 462.053 hits

My Photos gallery

Iklan
%d blogger menyukai ini: