//
you're reading...
Komputer

Tips Merawat Laptop agar awet

Laptop lebih rentan rusak (dalam bahasa Jawa “ringkih”) daripada PC. Oleh karena itu, kita harus memperlakukan atau merawatnya dengan benar agar dapat berumur lebih lama. Jangan sampai laptop yang baru beberapa bulan kita beli menjadi rusak hanya karena kita salah memperlakukannya maupun merawatnya. Perlu kiranya kita simak Tips-tips berikut agar laptop bekerja pada perfoma yang maksimal.

1.Jangan dekatkan dengan minuman maupun cairan dengan laptop, jika sampai tumpah ke laptop maka dapat menyebabkan komponen di dalamnya konsleting.

2.Jangan meletakkan laptop dengan sumber medan magnet, misalnya TV, Speacker Active, Radio Tape atau ponsel. Medan magnet akan mempengaruhi komponen laptop terutama harddisknya.

3. Jika membawa laptop agar dimasukkan ke tas khusus. Tas laptop dibuat sedemikian rupa sehingga casing laptop tidak mudah tergores dengan benda di sekitarnya atau bahkan dapat meredam guncangan-guncangan kecil. Kalau perlu secara berkala bersihkan casingnya dengan kain/lap yang dapat dibeli di toko-toko komputer.

4. Jangan pindah-pindahkan laptop pada saat masih hidup. Laptop yang sedang hidup berarti harddisknya juga sedang bekerja sehingga apabila digerakkan dapat menyebabkan head harddisk menggores cylinder sehingga akan berakibat fatal. Gunakan stavolt atau stabilizer.

5. Apabila menggunakan listrik langsung, pastikan menggunakan stavolt/stabilizer atau UPS untuk mengantisipasi naik turunnya tegangan listrik.

6. Jangan meminjamkan laptop ke sembarang orang. Hal ini semata-mata untuk mencegah kemungkinan perlakuan kasar apabila kita meminjami orang yang kebetulan sembrono.

7. Install anti virus dan updatelah secara berkala. Jangan sembarangan mendownload software gratis dari internet. Mungkin saja yang kita download malware/spyware yang menyamar sebagai freeware tertentu. Letakkan laptop pada posisi mendatar jangan miring. Selain kurang ergonomis juga menyebabkan posisi harddisk tidak pada posisi yang benar.. Shutdown dengan benar.

8. Jangan sekali-kali mematikan laptop dengan melepaskan power/baterainya. Power listrik yang mendadak mati dapat menyebabkan harddisk bermasalah.

9.Simpan di tempat dengan suhu yang tidak terlalu ekstrim. Jangan sekali-kali meninggalkan laptop di mobil yang sedang parkir di tempat yang panas atau mesin mobil masih hidup. Panas yang berlebihan dapat merusak komponen laptop. Jangan meletakkan laptop di permukaan yang empuk, sehingga laptop kelihatan tenggelam yang dapat menghambat panas untuk keluar sehingga laptop lebih cepat panas.

10. Jangan pernah membongkar laptop sendiri. terutama yang masih awam. Jika masih dalam masa garansi lebih bijaksana kalau Anda membawanya ke tempat servis resminya.

11.Melap layar LCD dengan kain lembut dan kering. Lap dengan pelan, jangan menekan terlalu keras dan satu arah saja, misalnya dari kiri ke kanan. LCD dibentuk oleh cairan kristal (untuk menampilkan gambar) sehingga permukaannya tipis dan rapuh. Oleh karena itu, kalaupun harus menunjuk monitor dengan jari atau pulpen (atau benda lainnya) jangan sampai menyentuhnya apalagi menekan dengan keras. Membersihkan keyboard dengan vacuum cleaner atau menyemprotkan udara di sela-sela tombol.

12.Jangan mengetuk atau mengguncangkan keyboard dengan keras. Hati-hati pada saat membuka dan menutup layar laptop. Antara LCD dengan CPU terdapat engsel yang berfungsi agar LCD dapat bergerak bebas sesuai kemiringan yang kita inginkan.

13. Pada saat membuka atau menutup LCD, jangan menghentak terlalu keras yang dapat menyebabkan engsel patah.

14. Perlakukan baterai dengan benar. Khusus untuk pemakaian baterai pertama kali sebaiknya Anda mengisi dan mengosongkan sepenuhnya sebanyak tiga kali berturut-turut, dan berlaku juga untuk baterai yang lama disimpan atau tidak dipakai berminggu-minggu.

15.Jika menggunakan baterai jenis Ni-MH, Anda harus mengosongkan setiap minggu/bulan sekali. Jika berencana menyimpan laptop dalam jangka waktu lama sebaiknya lepaskan baterai dari laptop.

16. Ganguan lain yang bisa buat laptop anda rusak adalah kalo kerendem, monitornya kena rokok atau bahkan kebanting.. Huahahaha sorry yang terakhir ini hanya iseng aja. :))

Iklan

About nugrohotech

i am a person who always want to know about anything...

Diskusi

19 thoughts on “Tips Merawat Laptop agar awet

  1. Apakah Tips Merawat Laptop agar awet yang anda berikan tersebut berlaku untuk semua jenis laptop?

    Posted by EBEN | 12 Juni 2008, 8:41 am
  2. Artikel yang disampaikan diatas secara umum meliputi untuk semua merek Laptop. Ada beberapa tambahan untuk Laptop terbaru saat ini yaitu pada masalah power dimana batere yang sudah penuh ter charge tidak usah pada saat pemakaian dan terhubung ke sumber AC, kabel yang terpasang tidak usah dicabut, sebab bagian power batere saat ini dilengkapi dengan switching regulator dimana daya dari kabel AC akan segera putus secara otomatis ketika batere telah tercharge penuh.

    Posted by Agus Nugroho | 12 Juni 2008, 8:48 am
  3. kalau HP 65W AC Adapter

    itu termasuk batre yang harus di cabut setelah penuh atau bisa kepasang terus chargernya ya mas?

    makasih lho infonya

    Posted by dian | 8 Agustus 2008, 5:34 am
  4. Mau tanya…

    Laptop tuh Makan daya berapa Watt yah….?

    perasaan juga kerasa dikit rekening di rumah naik… sejak punya laptop..

    Posted by Nicolaus Adi | 3 Januari 2009, 2:08 am
  5. Dalam rangka memperingati 17 agustus/hari kemerdekaan…ada program gratisan nich…dapatkan 2 laptop gratis acer, advan, 100 usb 4 GB, 10 USB 8 GB, dan modem…proling…

    Posted by Umar | 13 Juni 2009, 11:54 pm
  6. mo tanya..

    laptopQ kuq LCDna nggaris?? pdhl baru..

    apakah terlalu lama make dengan listrik bs mmpengaruhi??

    maksimal waktu klo hidupin laptop pke listrik brp jam??

    Posted by tyo | 14 September 2009, 6:57 pm
  7. Matur suwun infonya. Tak tunggu info menarik lainnya.

    Posted by Dedit Kurnianta | 30 November 2009, 5:24 am
  8. he-he-he, terimakasih bapak, artikelnya membantu saya bisa tahu laptop sya jadi awet. Kalo pake baterey sebaiknya berapa lama?

    Posted by Agus Budiyanto | 9 Desember 2009, 6:51 am
  9. Aslmkm. Mau tanya, kalau pakai laptop kondisi baterai dilepas, hanya pakai chargernya bagaimana…. trimksh.

    Posted by yudi | 26 Januari 2010, 2:06 pm
  10. apa akibatnya jika saya hidupkan laptop saya 3 hari non-stop buat nge-download?? dan bila baterei saya penuh dan masih dalam keadaan listrik tersambung (charging) baiknya tetep didalam laptop atau dilepas batereinya???

    Posted by Baskoro Nugrihi | 5 April 2010, 5:58 am
  11. aduh maz kemaren aq bru ja matiin laptop lngsng dr kabel powerY,,,trs gimana jg aq selalu ga pake batre laptop,,,tp langsung dr cargerY,,,ngaruh ga ya maz,,,
    mksh,,,tlong bantuanY y maz,,,

    Posted by bayu | 7 April 2010, 12:30 pm
  12. laptop ane suka brenti sndiri panahnya..ya udah ane matiin aja powernya trus didupin lagi..gmn tuh?

    Posted by oerang bale | 7 Juli 2010, 6:11 am
  13. klo hbs di instL ULng trus aPLIKsi winamp nya jadi gak bisa buka video kenapa ea?

    Posted by leea | 13 April 2011, 3:21 am
  14. klo laptop baru tp batrei cepat lowbat knp ya ?

    Posted by sandhy | 5 Juni 2011, 12:32 pm
  15. kerennnnnnnnnnnnnnnn gan tips nya… makasi ya

    Posted by Cin Ta Sandra | 5 September 2011, 4:59 pm
  16. terimakasih ya tipsnya, ini laptop baru pokoknya mo saya jaga , dan dipertahanin habis2an

    Posted by •Hafidz Akbar F.• ✔ (@Hafidzakbr) | 25 September 2011, 6:28 am
  17. : WOOW.. GOOD

    Posted by Herrin | 4 Oktober 2011, 12:46 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Me

KSA KBB

my topics

my files

Blog Stats

  • 424,917 hits

My Photos gallery

%d blogger menyukai ini: