//
you're reading...
politik

Tujuh Gurita Memburu Laba

GATRA Edisi 35/2008
Dana US$ 3 trilyun siap ditanam di berbagai belahan dunia. Tahun 2015, jumlahnya diperkirakan mencapai US$ 12 trilyun. Di samping Jepang dan Brasil, puluhan negara sedang berlomba mendirikan badan pengelola dana kekayaan negara. Ini bukan dana biasa –seperti cadangan devisa negara– yang lazim dikendalikan bank sentral atau otoritas moneter. Simon Johnson, Direktur Departemen Riset IMF, mendefinisikan SWF sebagai aset dalam bentuk mata uang asing yang dimiliki suatu pemerintahan. Dana yang sepenuhnya dimiliki suatu negara itu bisa juga berasal dari pembayaran atas sumber daya alam, pajak, atau dana pensiun.

Stephen Jen, Managing Director dan Chief Currency Economist dari Morgan Stanley, mencoba memberikan gambaran lebih spesifik atas dana kekayaan negara ini. Dana itu jelas disebutnya milik negara, yang sebagian besar berupa mata uang asing. Sumber dana itu, kata Stanley, bukan dari utang luar negeri dan memiliki toleransi lebih tinggi dalam risiko investasinya. Satu hal lagi, menurut Stanley pula, investasi yang dilakukan harus memiliki holding period cukup lama karena merupakan bagian kebijakan strategis negara pemilik dana tersebut.

Umumnya, dana kekayaan negara itu dibentuk ketika pemerintah memiliki surplus anggaran di satu sisi dan utang internasional yang kecil. Kelebihan likuiditas ini tak selamanya langsung disalurkan untuk maksud konsumsi, terutama untuk negara eksportir bahan mentah mineral. Dana kekayaan negara dibentuk untuk mengurangi volatilitas pendapatan pemerintah, menanggulangi efek siklus boom-bust economy atas pengeluaran pemerintah, seraya mempersiapkan dana untuk generasi mendatang.

Kiribati, sebuah negara di Lautan Pasifik, bisa menjadi contoh bagaimana mereka mengelola hasil dari kekayaan alamnya. Pada 1956, negara itu mendirikan Kiribati Revenue Equalisation Reserve Fund. Dana di dalamnya berasal dari penjualan fosfat, yang menjadi andalan Kiribati. Pada saat ini, fosfat sudah tidak ada, dan bukan lagi andalan negara itu. Namun dana yang dapat ditabung dulu kini berjumlah US$ 400 juta. Jumlah itu cukup untuk meningkatkan GDP Kiribati menjadi enam kali lipat.

Timor Leste, negara yang tergolong masih sangat muda, juga memiliki dana kekayaan negara. Per tahun 2006, dana yang berasal dari proyek gas di Bayu-Undan mencapai US$ 1,01 milyar. Setahun kemudian, berdasarkan estimasi bahwa kandungan gas di kawasan itu bisa ditambang hingga 25 tahun ke depan, dana kekayaan negara Timor Leste melebihi angka US$ 3 milyar. Dana tadi kebanyakan diinvestasikan di Amerika Serikat.

Lantas, mengapa dana kekayaan negara itu menjadi begitu penting? Pertama, uang sebesar itu bisa dipakai untuk mendanai seperempat pasar saham di Amerika Serikat. Jangan heran, ketika terjadi krisis keuangan, para pengelola dana kekayaan negara itulah yang paling dicari perusahaan keuangan mana pun. Morgan Stanley mencatat, sepanjang 18 bulan terakhir, sekitar US$ 113 milyar diinvestasikan di bidang keuangan oleh para pemilik dana kekayaan negara tersebut. Dari jumlah itu, sekitar US$ 60 milyar diletakkan di bank-bank Eropa dan Amerika.

Pengalaman juga membuktikan, banyak lembaga keuangan dunia yang berpaling ke dana kekayaan negara itu ketika mereka diterpa badai kredit macet perumahan.

Tinggal sekarang, negara atau institusi calon penerima dana itu menimbang mana yang lebih diutamakan. Dari situ, barulah bisa disimpulkan, apakah para pengelola dana kekayaan negara tersebut “iblis atau malaikat”.

Iklan

About nugrohotech

i am a person who always want to know about anything...

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Me

KSA KBB

my topics

my files

Blog Stats

  • 424,917 hits

My Photos gallery

%d blogger menyukai ini: