//
you're reading...
Kiat Bisnis

Kepekaan

Bisnis memerlukan ilmu sebagai modal bagi kita untuk melangkah, bisnis memerlukan teman sebagai partner dalam berdiskusi dan berbagi pengalaman, dan bisnis memerlukan pengalaman.
Memerlukan Ilmu
Setiap orang mempunyai potensi alami dalam berbisnis. Dari kecil kita telah menjadi pelaku bisnis. Kita jajan makanan dari penjual keliling, kita sering membeli kebutuhan sehari-hari diwarung, dan kita sedang terlibat dalam bisnis, dan posisi kita sebagi konsumen.
Sekarang kita tengah mencoba membalikan posisi, kita tengah belajar merancang sebuah cara berbisnis yang nyaman dan mudah mendapatkan untung. Ilmu berbisnis tidak selalu didapat dengan cara belajar serius melalui bangku sekolah. Kita tidak perlu buku yang tebal dan waktu-waktu yang banyak dipakai untuk mendengarkan pengajar. Jika kita mau maka yang kita laukan adalah MENGAMATI, BERTANYA, dan segera MEMULAI.
Memerlukan teman
Teman kita dalam berbisnis bisa jadi konsumen kita, pebisnis lain dan internet. Konsumen kita akan memberikan masukan kepada kita berupa respon, respon puas atau respon kecewa. Mungkin jika ada konsumen yang akan langsung memberikan kritik kepada kita.
Pebisnis lain merupakan bagian sumber keberhasilan kita, jangan canggung untuk berteman dengan mereka. Jangan malu untuk bertanya kepada mereka.
Internet adalah partner abadi kita, search engine kita bisa mendapat informasi apapun cukup dengan menuliskan keyword tentang apa yang kita cari. Selain itu kita bisa menjalin komunikasi dengan orang lain baik konsumen kita maupun orang lain yang bisa kita ambil ilmunya.
Memerlukan pengalaman
Bagian terakhir dari ketiga hal tersebut diatas merupakan bagian terpenting. Kerena kita berbuat pada tataran teknis dimana manajerial kita serta waktu berpadu untuk mewujudkan target.
Pengalaman kita akan membentuk ‘kepekaan’ kita dalam berbisnis. Peka terhadap perubahan pasar sehingga akan merubah pola dan strategi kita. Peka karena kita akan mengetahui secara psikologis bagaimana konsumen, bagaimana perilaku pasar secara umum yang sedang terjadi. Kepekaan akan membentuk karakter mental kita dalam berbisnis. Bukankah Edison sebelum menemukan bola lampu dia menjalani sekian ribu percobaan… mungkin dia merasakan jenuh, namun dengan waktu dan pengalaman yang memberikan kekuatan mental bisnis kita maka semua akan menjadi serba mudah.
ok keep trying…

Iklan

About nugrohotech

i am a person who always want to know about anything...

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Me

KSA KBB

my topics

my files

Blog Stats

  • 424,917 hits

My Photos gallery

%d blogger menyukai ini: