//
you're reading...
Comunication, Manajerial & Organisasi

4 Hal yang harus disiapkan di Era Globalisasi

worldhands1-289x300

(Image source : penicuiklanguages.edublogs.org)

Sekedar menuliskan pemikiran dulu sebelum lupa, nanti di bahas lebih lanjut tentang 4 Hal yang harus disiapkan di Era Globalisasi.

1. Mempunyai semangat dan motivasi yang tinggi.

Semangat diartikan sebagai kemampuan untuk selalu bergerak didalam alam bawah sadar kita, semetara motivasi adalah latar yang menjadikan semangat itu terus hidup. Seseorang yang selalu mempunyai semangat dalam hidup selalu mencoba untuk terus bergerak, dia merasakan ada sesuatu yang kurang justeru kala dia diam. Dia merasa ada yang salah ketika orang lain bergerak sementara dia diam.

Motivasi adalah hal yang melatar belakangi mengapa semangat itu selalu ada, sebagai contoh, dia ingin kuat dan bersaing dalam hiduup karena dia tidak ingin mengecewakan orangtuanya yang telah membesarkan dia hingga kini, contoh lain adalah orang terus bersemangat dalam hidup dengan motivasi keyakinan dari Agama yang di dia ikuti. Saya seorang muslim, ketika saya menuangkan motivasi saya kata-kata yang menjadi motto hidup “khairun naas anfauhum linnaas”  yang diambil dari hadist rasul, maka segenap semangat yang saya rasakan untuk menggerakan diri adalah karena saya ingin menjadi orang yang selalu bermanfaat bagi orang lain, bagaimanapun bentuk nya itu.

Nah apakah kita saat ini selalu menjadi orang yang ‘semangat’? apa motivasi yang anda punya saat ini sehingga anda selalu semangat dalam hidup? jika belum maka carilah apa yang menjadi motivasi hidup anda sehingga bisa membuat anda semangat.

2. Meningkatkan kompetensi diri dalam menghadapi persaingan (ulet belajar dan selalu mempunyai sifat keingintahuan yang tinggi).

Point yang kedua ini tentunya bagian dari perjuangan hidup, dimana setelah kita mempunyai semangat dan selalu menjaga motivasi, maka  peningkatan kompetensi diri menjadi bagian yang tidak bisa dilepaskan. Dia selalu ingin belajar dan mengetahui tentang segala sesuatu, bahkan selalu ingin berbeda dari yang lain dalam konteks positif. Hanya orang-orang yang selalu bergerak dan berubah mengikuti perkembangan zaman yang siap menghadapi hidup. Dia tidak merasa nyaman manakala dirinya mempunyai kompetensi sama sepertihalnya kebanyakan orang. Pahami potensi diri kita dan ajak menuju titik puncak dimana kita bisa memaksimalkannya.

Nah pertanyaannya sekarang, apa kelebihan kita? apa potensi  yang bisa dijadikan sebagai tools kita dalam menjalani hidup?

3. Mempunyai kemampuan komunikasi yang baik. Verbal, non verbal dan Teknologi Informasi.

Komunikasi bagian dari kehidupan saat ini, dia yang diam tidak mau berkomunikasi maka dia tidak akan hidup. Ya tidak akan hidup, sebab sebagian besar ‘bisnis proses’ dari hidup kita di kendalikan (drive by) dengan komunikasi. Kemampuan komunikasi verbal (dengan kata-kata) mempunyai peranan penting dalam berkomunikasi dengan orang lain. Untuk itu, jika pandai berbicara akan lebih baik ketika kita melengkapinya dengan kemampuan berbicara dengan bahasa lain (bahasa asing) baik secara penuh, maupun memadukannya. Sebab orang kerap menyukai bahasa padanan lain dari sebuah pemahaman atau arti kata.

Kemampuan non verbal yaitu kemampuan berkomunikasi dengan tulisan, terlebih saat ini teknologi komunikasi melalui teknologi informasi khususnya internet telah menjadikan hidup kita begitu mudah. The world is on your hand. Teknologi web, Email, chatting, jejaring sosial,  mesin pencari dan sumber daya informasi lainnya yang bisa dengan mudah diakses oleh kita dimana dalam pengaplikasiannya dibutuhkan kemapuan non verbal kita dalam mencari, emmahami dan mencerna setiap kata dan kalimat dari sumber daya informasi tersebut.

4. Mempunyai Filter yang baik dalam menghadapi dampak negatif dari Era Globalisasi (agama).

Saya sangat menyukai sekali bagian yang ke empat ini. Ini adalah benteng terdepan maupun benteng terakhir kita dalam mengahadapi era globalisasi. Namun bukan karena urutan ke empat sehingga point ini tidak penting pagi kita dalam mengahdapi era globalisasi ini, namun saya hanya ingin mengingatkan, bahwa banyak sekali orang yang menjalani hidup dengan motivasi 1 saja, yaitu “ingin hidup”.

Dengan motivasi itu dia tidak lagi mengindahkan lagi bagaimana norma agama dia yakini. Yang seharusnya men-Drive kehidupan dia kearah yang baik. Keinginan instant sehingga terkadang cara instant inilah yang justeru menjerumuskan dia bukan kearah kebaikan, tapi justeru sebaliknya.

Bandung, 30 Oktober 2009

Iklan

About nugrohotech

i am a person who always want to know about anything...

Diskusi

3 thoughts on “4 Hal yang harus disiapkan di Era Globalisasi

  1. *interupsi*
    satu lg yg perlu dipersiapkan yaitu memperbaiki agama kita…biar lebih terjaga dari subhat perkembangan jaman.

    Posted by rismadany | 2 Desember 2009, 7:50 pm
  2. itu sudah seharusnya dilakukan oleh setiap kita…..selama kita masih bernafas…

    Posted by nugrohotech | 12 Mei 2010, 4:26 am
  3. Ijin copas, kata2nya bagussss ^^

    Posted by triana15ap | 24 Februari 2017, 6:43 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Me

KSA KBB

my topics

my files

Blog Stats

  • 415,268 hits

My Photos gallery

%d blogger menyukai ini: