//
you're reading...
1, Fotografi, Pecinta Alam

Freeze………….!!! I cath you !!

_MG_8973AadPernahkah kita beripikir untuk dapat menghentikan ruang dan waktu seperti apa yang dilakukan oleh para aktor dalam film time traveller, sehingga kita dapat melihat kejadian secara lebih detail, siapa saja yang terlibat, dan terjadi pada waktu kapan lengkap hari, tanggal, waktu hingga detik kejadian.

Memotret bagi saya merupakan aktivitas menangkap ruang dan waktu. saya sangat menikmati potret-potret yang saya ambil sehingga setiap potret memberikankesan tersendiri berdasarkan ruang dan waktu kejadian.

Foto diatas saya beri judul ” I’m fly…”, foto yang saya ambil di bantaran kali Cikawung daerah Majenang Cilacap Jawa Tengah. Saya ingin mencoba menghadirkan keceriaan anak-anak Desa dengan memotret mereka secara unik. Idenya sederhana, mulai dari ย  rersenyum, tertawa hingga berkelakar dengan temannya. Namun saya ingin menghadirkan nuansa lain lebih dari sekedar ‘ceria’. Saya ingin menangkap dia ketika berlari kencang, melompat dan terbang…. “Freeze….!!! I catch you!!! ” and… done.

Foto ini membekukan waktu sehingga saya bisa mengabadikan anak ini saat melayang diudara. Mungkin tidak terlalu terlihat dimensi waktu detail jam berapa, pagi atau siang, tapi posisi anak ini melayang dengan tawa riangnya dan tertangkap oleh kamera merupakan kesan lebih dari sekedar ceria.

(_MG_9105Makan siang dulu… ๐Ÿ˜€ ntar lanjut )

Lanjut lagi, foto kedua yang saya hadirkan adalah foto suasana landscape pesawahan, lengkap dengan rerimbunan pohon, hijaunya sawah, aktivitas dua orang petani dan tentunya yang memberikan kesan lebih adalah pancaran sinar matahari yang menerobos rimbunnya pepohonan. Pagi, ya tentunya nuasa pagi kuat terpancar dari foto ini, sepertihalnya saya yang sangat mengagumi suasana ketika mengambil foto ini, sejuk, damai, mata tidak jemu memandang sekitarnya. Rekaman ruang dan waktu yang saya hadirkan dengan segenap rasa yang dirasakan saat itu tentunya ingin pula disajikan dalam sebuah foto yang direkam oleh kamera.

Terkadang seorang fotografer banyak yang menceritakan tentang indahnya suatu tenpat namun tidak bisa menterjemahkan apa yang dia rasakan saat itu kedalam teknis foto yang lengkap. Bagi saya, foto yang baik adalah foto yang tidak jemu untuk selalu dilihat dinikmati, meskipun berkali-kali kita memandangnya, tentunya ini karena ada bahasa komunikasi rasa antara foto dan saya yang melihatnya. Ini lah hal yang kedua yang saya maksud dengan foto yang baik, yaitu foto yang dapat mengkomunikasikan jiwa, memberikan kesan mendalam dan membiarkan imajinasi orang yang melihatnya untuk menikmati sebagaimana rasa dia menterjemahkan apa yang dia lihat dalam foto.

๐Ÿ˜€ Bahasa yang saya sampaikan terlalu berlebihan, namun itulah pandangan penilaian saya terhadap sebuah foto apakah foto tersebut baik atau tidak.

Selamat memotret.

Iklan

About nugrohotech

i am a person who always want to know about anything...

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Me

KSA KBB

my topics

my files

Blog Stats

  • 470.659 hits

My Photos gallery

Iklan
%d blogger menyukai ini: