//
you're reading...
1

Istigfar dan kelapangan hati kita memasuki Bulan Suci Ramadhan

Alhamdulillah hari-hari kita memasuki bulan suci ramadhan diwarnai dengan share syiar dari masing-masing kita untuk melapangkan dada memohon maaf atas segala kesalahan yang kita perbuat terhadap sesama. Syiar positif yang harus terus kita biasakan.

Keutamaan istighfar kepada Allah SWT adalah menggugurkan dosa dalam taubat. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dalam Hadist Riwayat Bukhari nomor 6307 yang artinya:
“Demi Allah, aku sungguh beristighfar pada Allah dan bertaubat pada-Nya dalam sehari lebih dari 70 kali.”
***

Hadist Riwayat Bukhari nomor 6307

Melapangkan dada kita untuk memohon maaf di media sosial secara terbuka adalah bagus sekali. Namun sejatinya ketika kita memohon maaf juga diserta dengan permohonan ampunan kita kepada Allah SWT atas kesalah, dosa, pikiran negatif yang kita lakukan terhadap semua orang.
***
Luangkanlah waktu kita. Mungkin kita bisa memulai membaca istigfar kita sambil membayangkan wajah anak, istri, orangtua, adik, kakak dan saudara handai taulan semua, mereka orang terdekat dengan kita yang kerap bersinggungan dengan kita.
Bacalah istigfar sambil kita membayangkan satu persatu wajah tetangga kita, tetangga didepan, disamping kiri-kanan, dibelakang bahkan tetangga yang rumah nya agak jauh pun yang mungkin bertemu hanya selewat didepan rumah, namun kita terlintas fikiran negatif hanya karena penglihatan dan perasaan kita yang kurang sesuai dengan harapan kita.
***
Bacalah istigfar dengan lirih, bayangkan satu persatu teman kerja kita, mulai yang terdekat sampai yang jarang kita sapa. Mungkin kita pernah berprasangka buruk tentang mereka, padahal mereka belum tentu sebagai mana yang kita prasangkakan.
Istigfar dan bayangkanlah satu persatu teman-teman kita kita komunitas, yang mungkin bertemu pun jarang namun kita terlintas pikiran buruk haya karena ucapan sederhana serta tingakh polah yang beragam.
***


Bayangkanlah satu persatu teman kita yang hanya bertemu secara online sambil mengucapkan istigfar, sering kita berpikiran negatif hanya karena share, tulisan, foto ataupun ucapan non verbal lainnya yang ada dimedia sosial.
Istigfar dan bayangkanlah semua orang yang terlibat dalam aktifitas kita lainnya, teman seperjalanan, teman lama, sahabat jauh dan sebagainya.
***
Lapangkanlah dada kita dengan memohon ampun kepada Rabb semesta alam yang Maha Pengampun Pengasih dan Penyayang. Lapangkan hati kita memaafkan setiap kesalahan orang lain, sebagaimana kita mengharapkan orang lain memaafkan setiap kesalahan kita. Do’akan mereka, sebagaimana kita mengharapkan do’a do’a kita dikabulkan oleh Nya.

Marhaban Ya Ramadhan
Selamat memasuki bulan Suci Ramadhan 1441H
Mohon maaf lahir dan batin.

About nugrohotech

i am a person who always want to know about anything...

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Me

KSA KBB

my topics

my files

Blog Stats

  • 499.498 hits

My Photos gallery

%d blogger menyukai ini: