//
you're reading...
Positif mind channel

63. Pola makan untuk penderita Gerd (1) Hindari pantangan pokok

Hindari pantangan pokok.

Faktor makanan merupakan hal penting dalam proses penyembuhan Gerd. Kunci utamanya adalah DISIPLIN dalam menjalaninya. Menghindari makanan yang menjadi pantangan merupakan keharusan jika ingin proses penyembuhan berjalan cepat. Beikut ini beberapa pantangan yang disarankan dokter diantaranya:

1. Makanan dan minuman tinggi lemak

2. Makanan yang digoreng
3. Cokelat
4. Kopi
5. Soda
6. Alkohol
7. Makanan pedas
8. Makanan asin
9. Buah citrus
10. Tomat

 

Yang menjadi masalah adalah kebiasaan kita yang mengalami gerd adalah cocokologi makanan diluar hal diatas secara lebih spesifik. Kita kerap bertanya kepada orang lian yang juga sama menderita Gerd dengan pertanyaan ?
Kalau makan ini boleh ngak ya? , atau saking ketakutannya akhirnya kita tidak memakan apa-apa dan memilih makanan yang aman saja. Akhirnya kita secara psikologis tersiksa karena banyak sekali manana enak disekitar kita, namun kita tidak mau memakannya karena takut berdampak bagi lambung kita.
Kuncinya sebetulnya diluar makanan pantangan diatas  sebetulnya kita bebaskan saja untuk mengkonsumsinya, sebab respon setiap orang terhadap makanan berbeda-beda dan juga berbeda senssasinya, disinilah uniknya Gerd, nama penyakitnya sama, namun sensasi yang dirasakan setiap orang berbeda-beda.
Kalau makan ini boleh ngak ya?
Ada satu cara untuk mencoba berbagai menu makanan diluar list diatas, caranya adalah dengan mencobanya terlebih dahulu dalam porsi yang tidak banyak. Jika Tubuh terutama lambung langsung berekasi, maka bisa dipastikan makanan tersebut termasuk yang harus kita hindari, Namun jika lambung tidak memberikan reaksi atau gejala sakit, maka makanan tersebut dapat ditambah atau dikonsumsi ulang.
Permasalah lain adalah ketika kita mengkonsumsi untuk yang kedua kalinya ternyata tubuh baru memberikan respon, maka pada posisi ini kita harus cerdas menilai, bahwa makanan tersebut masih aman untuk dikonsumsi, namun tidak dalam porsi yang banyak atau besar.

Pantangan kebiasaan makan untuk penderita asam lambung

1. Makan dalam porsi terlalu banyak
2. Makan terlalu dekat dengan waktu tidur
2 hal diatas yang kerap kita lupa juga, ketika perut kenyang, lambung mendorong ruang pernafasan keatas, sehingga dada terasa sesak. Bitu pula ketika lambung penuh asam lambung terdorong naik keatas, mengakibatkan refluks di tenggorokan, terasa panas dan tidak nyama di semua area perut, dada dan tenggorongan.
Lalu bagaimana solusinya ketika kekenyangan, disarankan untuk berjalan-jalan ringan dengan tujuan membantu lambung memberi ruang untuk bekerja secara optimal, Jika kita hanya duduk saja dan posisi perut terlipat maka lambung akan semakin tertekan dan asam lambung semakin naik. Perlahan juga kita bisa meminum seteguk air hangat untuk menurunkan kembali asam lambung yang naik. Ingat seteguk saja, tidak banyak.
Ketika kita merasakan kantuk setelah makan disarankan untuk jalan-jalan ringan atau beraktifitas fisik lain, sehingga rasa kantuk akan hilang. bagiamana jika kita sampai tertidur karena ngantuk? selama kita dalam posisi duduk tegak, perut tidak melipat/mendekat ke dada, maka biasanya refluks sam lambung tidak begitu terasa. Namun sayangnya ketika kita tertidur kita tidak sadar merebahkan badan, sehingga refluks asam lambung naik ke kerongkongan pun terjadi. Jadi amannya memang setelah makan sekitar 2 sd 3 sebaiknya memang kita tidak boleh  tertidur. Bagaimana menyiasati agar tidak ngantuk? Jangan makan berlebih, saya mengikuti sunnah rasul, berhenti makan sebelum kenyang. Atau kita atur porsi hanya untuk 10 kali suap.

About nugrohotech

i am a person who always want to know about anything...

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Me

KSA KBB

my topics

my files

Blog Stats

  • 506.943 hits

My Photos gallery

%d blogger menyukai ini: